loading...
Apabila Anda mengalami kesulitan saat ingin tidur (insomnia), tak ada salahnya anda mencoba membaca beberap tips  dibawah i mui Anda.

1. Hindari Kopi Saat Ingin Tidur - Hindari kopi dan hal lainnya yang bisa menyebabkan mata menjadi segar kembali. kopi mengandung zat yang bisa menyebabkan mata menjadi segar kembali, jadi ketika anda hendak ingin tidur usahakan agar tidak minum kopi namun jika sobat ingin tetap meminum kopi, sebaiknya lakukan 3jam sebelum anda ingin tidur agar pada waktu tidur zat-zat yang bisa menyebabkan mata menjadi segar telah dinetralisir tubuh sehingga tubuh anda akan kembali normal seperti sebelumnya.

2. Rapikanlah Tempat Tidur Anda - Cara ini pastinya bisa membantu anda dapat segera tertidur dengan lelap. sebuah penelitian baru membuktikan bahwa orang-orang yang merapikan sendiri tempat tidurnya setiap hari cenderung akan meningkatkan peluang tidur lebih nyenyak sebesar 20%, mengganti seprai atau selimut dengan yang baru dan tidur diatas kasur berserta bantal yang nyaman juga membantu anda untuk lebih cepat tidur dan lebih nyenyak tidur.

3. Atur Suhu Ruangan - Para pakar tentang tidur mengatakan bahwa suhu ideal untuk tidur adalah sekitar 18'C. tubuh anda membutuhkan sedikit penurunan suhu untuk mendorong anda agar lebih cepat tertidur. namun, sesuaikan juga suhu dikamar ini dengan kenyamanan anda agar tidak terlalu dingin. terlalu dingin atau terlalu panas tentunya akan membuat anda mudah terbangun dan dengan begitu tidur anda tidak akan pulas.

4. Matikanlah Gadget, Ponsel, Dan Sejenisnya - Memang ada orang yang biasa menggunakan alunan musik atau suara-suara dari acara TV sebagai pengantar tidur namun, bila anda bukan termasuk golongan ini dan anda bersikeras terus bermain Game maupun menonton acara Box Office Movie di TV hingga larut malam, lupakan saja impian untuk bisa segera tidur. pancaran sinar biru yang kita dapatkan dari perangkat digital elektronik bisa memanipulasi tubuh kita agar berpikir bahwa saat itu sudah pagi hari.

5. Berhentilah Menatap Jam Dinding - Saat anda susah tidur, atau terus terbangun sepanjang malam, yang anda lakukan pertama kali pastinya mengecek waktu. menatap jam justru akan memicu anda untuk terbangun/susah tidur. jam meningkatkan tingkat kewaspadaan anda dan mengacaukan waktu tidur anda. Bila anda butuh memasang alarm, jauhkan jam tersebut dari jangkauan anda.

6. Kosongkan Pikiran - Kosongkanlah pikiran anda sebelum tidur. saat ingin tidur sebaiknya anda tidak memikirkan apapun karena jika anda memikirkan sesuatu hal nantinya hal tersebut malah bisa membuat otak bekerja lebih aktif dan rasa ngantuk itu pun sirna. pikiran yang biasanya mengganjal adalah masalah yang kita pikirkan esok hari seperti tugas-tugas yang selalu membebani ataupun memikirkan hal-hal yang akan anda lakukan di ke'esokan harinya.

7. Yang Terakhir Berdoalah - Cara terakhir untuk mengatasi susah tidur yaitu dengan berdo'a. dengan berdoa tentunya bisa membuat hati kita menjadi lebih tenang dan menyebabkan pikiran kita juga tenang yang berarti pikiran tidak terbebani oleh sesuatu hal yang membuat kita susah tidur nantinya.

Posting Komentar