loading...
Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata. Mereka memiliki struktur yang bervariasi yang memungkinkan mereka untuk melakukan banyak tugas. Fungsi utama dari gigi adalah untuk merobek dan mengunyah makanan dan pada beberapa hewan, terutama karnivora, sebagai senjata. Akar dari gigi tertutup oleh gusi. Gigi memiliki struktur pelindung yang disebut email gigi, yang membantu mencegah lubang di gigi. Pulp dalam gigi menciut dan dentin terdeposit di tempatnya.

Gigi merupakan bagian paling membedakan di jenis mamalia yang berbeda, dan salah satu yang bisa menjadi fosil dengan baik. Paleontologis menggunakannya untuk mengidentifikasi jenis fosil dan seringkali hubungan di antaranya. Analisis perbandingan gigi juga sangat membantu untuk mendapatkan gambaran perilaku evolusioner selama perkembangan suatu spesies.

Bentuk gigi berhubungan dengan jenis makanan hewan. Misalnya herbivora memiliki banyak gigi geraham untuk mengunyah karena rumput sulit untuk dicerna. Karnivora membutuhkan taring untuk membunuh dan merobek, dan karena daging mudah untuk dicerna, maka mereka dapat menelan makanan tersebut tanpa membutuhkan geraham untuk mengunyah makanan tersebut terlebih dahulu.

1. Berkumur. setelah makan terkadang kita hampir lupa atau malas untuk berkumur-kumur atau yang lebih lagi ialah menggosok gigi. padahal umumnya sehabis makan sangat diwajibkan untuk berkumur-kumur ataupun menggosok gigi. berkumur-kumur dan menggosok gigi dapat menghilangkan sisa-sisa makanan yang berbahaya bagi gigi anda, jika anda masih ingin punya gigi yang putih dan sehat, cobalah berkumur ataupun menggosok gigi sehabis makan.

2. Hindari alkohol. seperti yang kita ketahui, minuman yang beralkohol tidak hanya merusak tubuh kita melainkan juga merusak gigi karena minuman yang ada alkohol di dalamnya terdapat banyak zat-zat yang berbahaya bagi gigi anda dan juga membuat mulut anda bau akan minuman tersebut, cobalah untuk tidak mengkonsumi minuman yang beralkohol agar gigi anda tampak putih dan sehat.

3. Berhenti merokok. kegiatan merokok adalah kebiasaan yang sangat umum dan parahnya dianggap sebagai kebiasaan yang tidak dapat ditinggalkan. seperti yang diketahui oleh banyak orang, merokok dapat menyebabkan penyakit seperti sesak nafas, kanker rongga mulut, serta rongga tenggorokan, dan ternyata merokok juga bisa menyebabkan gigi anda kuning. jika anda mengiginkan gigi putih yang sehat cobalah untuk tidak menghisap rokok ataupun berhenti merokok dumulai dari sekarang.

4. Rajinlah menggosok gigi. menggosok gigi adalah salah satu pilihan untuk menjaga kebersihan gigi dari sisa-sisa makanan yang sudah kita konsumsi. gosok gigi sebelum tidur sangat memiliki peran penting bagi gigi kita agar gigi tetap bersih dan merawat gigi agar tetap putih. cobalah melakukan gosok gigi setidaknya 3 kali sehari agar gigi anda tampak putih seperti yang anda inginkan.

5. Rajin ke dokter gigi. salah satu cara jika anda sudah terlanjut memiliki gigi kuning adalah pergi kedokter gigi, karena dokter akan membersihkan dan memberikan perawatan yang tepat bagi gigi anda. perlu diketahui bahwa beda orang berbeda pula perawatan untuk giginya, sehingga kedokter merupakan pilihan yang tepat untuk membersihkan gigi anda.

Posting Komentar