loading...
GUNUNG KIDUL - Setelah bencana banjir menerjang Gunung Kidul beberapa waktu lau, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengunjungi sekolah terdampak bencana banjir akibat siklon tropis Cempaka di Kecamatan Saptosari, Gunung Kidul, Jumat (8/12). Ada dua sekolah yang dikunjungi yaitu, SMP Negeri 3 Saptosari dan SMK Negeri 1 Tanjungsari.

foto:merdeka.com

Dalam kunjungannya di kedua sekolah tersebut, Muhadjir menjanjikan akan membangun ruang kelas baru dan fasilitas lainnya di sekolah yang terdampak bencana banjir. Mendikbud menilai kerusakan yang terjadi akibat bencana banjir tidak terlalu berat.

"Syukur Alhamdulillah, menurut saya dari dua sekolah ini dampak dari bencana kemarin relatif tidak terlalu serius dibanding Pacitan. Karena itu penanganannya saya kira tidak terlalu berat, saya datang kesini semua sudah bersih dan rapi," ujar Muhadjir seperti yang dilansir dari www.merdeka.com,   Nantinya pihak Kemendikbud akan memberikan bantuan ruang kelas baru untuk SMP 3 Saptosari. Selain itu, bantuan lain yang diberikan berupa fasilitas perpustakaan dan komputer sebagai pengganti komputer yang rusak akibat banjir.

"Untuk SMP (SMP N 3 Saptosari) kita bantu fasilitas penambahan komputer, dan perpustakaan. Kemudian mungkin ruang kelas baru (RKB) lantai dua sehingga nanti jika banjir bisa lari ke atas tidak ada yang tenggelam," papar Muhadjir.

Sedangkan untuk SMK Negeri 1 Tanjungsari meskipun sekolah tersebut kerap menjadi langganan banjir, Muhadjir menilai wacana merelokasi sekolah untuk saat ini dianggap tidak perlu.

"Di sini (SMK N 1 Tanjungsari) nanti dibangun ruang kelas baru untuk lantai dua. Tidak perlu direlokasi. Katanya nanti dari pemerintah propinsi akan dibangun embung. Yang disana (SMP N 1 Saptosari) Pak Wakil Bupati akan membangun sudetan (luweng/gua vertikal agar air lancar)," tutup Muhadjir  (m)

Posting Komentar