loading...
JAKARTA – Membangun dan mengembangkan sebuah usaha bukanlah perkara mudah. Seorang pengusaha dituntut untuk kreatif dan berfikir cepat, demi menyelesaikan masalah yang ada.

Karenanya, untuk mengembangkan perusahaan tersebut, sang pengusaha akan memilih orang-orang kepercayaan mereka sebagai perpanjangan tangan. Agar sebuah tim dapat bekerja dengan maksimal, maka mereka akan mencari karyawan yang cocok dengan pola kerjanya.

Perusahaan akan sangat ketat dalam mencari kandidat untuk menjadi karyawannya. Ada keahlian, kemampuan, dan pengetahuan spesifik yang dibutuhkan tergantung pada profesi yang Anda pilih.

Lantas, bagaimana jika Anda adalah karyawan newbie, yang baru saja lulus,apa yang harus Anda lakukan jika belum pernah bekerja sebelumnya? Berikut adalah kunci yang akan membuat Anda dapat bekerja dengan lebih efektif. Kemampuan ini akan terus berkembang seiring dengan perkembangan jalan karier Anda.

Berikut 10 keahlian yang diinginkan perusahaan bagi kalian lulusan baru:

1. Kesadaran komersial (atau ketajaman bisnis)

Hal ini menyangkut pengetahuan Anda mengenai bisnis atau industri tempat Anda bekerja, dan apa yang dapat membuat perusahaan sukses. Anda harus menunjukkan bahwa Anda paham akan apa yang perusahaan ingin capai dari produk atau servisnya, dan bagaimana produk dan servisnya dapat bersaing di pasar.

2. Komunikasi

Komunikasi tersebut merupakan komunikasi verbal, yang bisa menyangkut komunikasi melalui tulisan atau lisan. Hal ini tentang berkomunikasi dengan jelas, ringkas, dan fokus yang menyangkut kemampuan Anda untuk menyampaikan pesan Anda kepada khalayak dan mendengarkan pendapat orang lain.

3. Kerja Tim

Anda harus membuktikan bahwa Anda tidak hanya dapat bekerja di dalam tim, namun juga dapat diandalkan dan bertanggung jawab atas tim. Ini menyangkut bagaimana membangun hubungan yang positif di dalam lingkungan kerja yang akan membantu semuanya untuk mencapai target dan tujuan bisnis.

4. Negosiasi dan Persuasi

Hal ini menyangkut bagaimana Anda mampu menyuarakan apa yang ingin Anda capai dan mengetahui bagaimana cara mencapainya. Selain itu, Anda juga harus mampu memahami karakteristik orang lain, sehingga Anda bisa mendapatkan apa yang Anda inginkan atau butuhkan dan merasa positif tentang hal itu.

5. Memecahkan Masalah

Anda harus menunjukkan kemampuan Anda dalam memecahkan masalah dengan logika dan pendekatan yang analitis. Akan lebih baik, jika Anda dapat menunjukkan kemampuan Anda dalam memecahkan masalah dengan cara yang berbeda.

6. Kepemimpinan

Anda tidak mungkin langsung menjadi seorang manajer, tetapi para lulusan baru harus mampu menunjukkan potensinya untuk memotivasi tim atau rekan kerja. Ini menyangkut penyelesaian dan presentasi tugas yang baik, dan ketepatan dengan tenggat waktu yang ditentukan serta memberikan contoh yang baik.

7. Organisasi

Berada dalam organisasi akan menunjukkan bagaimana Anda bisa menentukan prioritas. Anda dituntut bekerja seefisien mungkin, dan produktif serta mengatur waktu Anda dengan baik. Akan sangat baik jika Anda mampu memprioritaskan hal yang penting, serta fokus dan menyelesaikannya tepat waktu.

8. Ketekunan dan Motivasi

Perusahaan menginginkan orang-orang yang bersemangat dan produktif. Kehidupan pekerjaan sekarang ini akan menantang, dan Anda perlu menunjukkan bahwa Anda mampu, meski kadang akan sangat sulit dan Anda perlu tetap bersemangat menghadapinya.

9. Kemampuan untuk Bekerja di Bawah Tekanan

Tidak jarang dalam sebuah tim Anda dihadapkan dengan banyak tekanan, mulai dari deadline yang ketat hingga permintaan tidak masuk akal dari atasan Anda. Namun, jika Anda memiliki kemampuan ini, maka Anda bisa tetap tenang dan tidak terlalu tertekan atau merasa stres.

10. Kepercayaan Diri

Dalam lingkungan kerja, keseimbangan antara percaya diri dan tidak arogan itu penting. Meski begitu, Anda tetap harus menunjukkan kepada rekan kerja bahwa Anda adalah orang yang percaya diri.

Posting Komentar